Range Rover Velar P380 V6 Supercharger
January 16, 2019
Add Comment
Autoreborn-Velar di buat di antara dua produk Range Rover Efoque dan Range Rover Sport, tapi Velar bukan produk tanggung di antara dua produk hebat tersebut. Ia mencerminkan rovolusi di Range Rover dengan eksterior yang memukau dari depan hingga belakang dengan garis melandai dilihat dari samping, modern dari belakang dan tetap gagah terlihat dari depan. Bagian belakang yang menyudut membuatnya tampil berbeda dan unik dibandingkan dengan Range Rover lainnya serta terlihat lebih keren, dan dibandingkan jajaran Range Rover lainnya dia yang terendah.
Body mobil ini menggunakan aluminum hingga 82%, basis aluminium monokok di ambil dari Jaguar F-Pase yang merupakan saudaranya akan tetapi produk akhirnya berbeda jauh dalam hal desain, walaupun bagian depan kental khas Range Rover namun desainer mobil ini membuatnya lebih detail dan dinamis contohnya seperti lampu depan menggunakan Matrix LED High Beam yang bisa memberi penerangan menyesuaikan nyala lampu kendaraan di depannya. Di luar negeri sudah ada yang menggunakan Matrix LED plus Auto High Beam Laser, namun itu tidak dimasukan ke Indonesia dan anda harus membelinya secara terpisah sebagai opsional. Aksen di kap mesin, spakbor dan bumper berwarna brown membuat tampilannya terlihat unik dan yang menarik memiliki tuas pintu rata dengan body, tidak terlihat menonjol keluar seperti mobil konsep yang sudah dilengkapi dengan keyless. Velg tersedia opsional dari mulai R18 - R21, lampu belakang juga sudah LED serta dilengkapi dengan kamera parkir plus wasser untuk membersikan kameranya.
Kabin depan Velar merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya, di rancang dengan desain minimalis, elegan serta simpel. Semua instrumen seperti Eco Data hingga Mode berkendara dapat di kontrol melalui dua buah layar satu teletak di dasboard dan satu lagi di bagian console tengah.
Secara total di dunia ada enam pilihan mesin untuk Velar, tiga mesin bensin dan tiga diesel. Namun di Indonesia hanya ada dua varian mesin, yang pertama 2000 cc Turbo 250 HP dengan Torsi 360 Nm sedangkan yang kedua 3000 cc Supercharger dengan tenaga 380 HP Torsi 450 Nm yang bisa di dapat sejak 3000 RPM. Tenaga di salurkan ke keempat roda melewati sistem canggih Terrain Response System dari Range Rover sehingga tenaga tidak di salurkan secara langsung di keempat rodanya namun di olah terlebih dahulu oleh sistem untuk menentukan traksi yang tepat di setiap rodanya dengan menggunakan transmisi otomatis 8 Speed.
Ada pertanyaan kenapa mobil ini terlihat ceper sekali?
Velar menggunakan Air Suspension yang kerendahan dan ketinggiannya bisa di atur otomatis secara elektronic oleh system, sebagai contoh ketika anda turun dari mobil otomatis ketinggian akan turun di level terendahnya sehingga memudahkan anda untuk akses keluar masuk. Dan ketika anda mau offroad suspensi bisa di setel naik hingga di ketinggian maksimalnya.
Ketika berjalan, hal pertama yang terasa adalah posisi berkendaranya, Velar tidak sama seperti Range Rover lain nya karena lebih terasa seperti mengendarai sedan, karena faktanya Velar mempunyai posisi duduk terendah sehingga membuatnya lebih ergonomis.
Ada banyak mode berkendara yang bisa di pilih, tiga untuk aspal dan tiga untuk offroad. Di setiap mode tersebut kekerasan dan ketinggian suspensi, karakter mesin ke transmisi dan karakter penguncian system A-WD nya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan itu bisa dilakukan dengan cepat. Di samping ada enam mode ada satu lagi mode Auto, itu bisa di pakai kalau anda tidak mau repot dan sistem akan membaca sendiri jalan yang sedang anda lalui dengan otomatis masuk ke mode yang paling tepat dari mobil ini.
Dari data Reslogic 0-100 km/jam tercatat 6,4 detik, sedangkan klaim dari Range Rover sendiri 5,7 detik, artinya ada selisih 0,7 detik lebih pelan, namun tetap angkah yang cepat untuk sebuah SUV yang juga Capable untuk offroad. Yang menyenangkan dari Supercharger mobil ini karena ia bukan Turbo, sehingga karakternya normal seperti Normally Aspirated. Jadi tenaga bisa di akses dari bawah hingga atas secara linier tanpa ada lonjakan tenaga di tengah seperti yang ada pada versi turbo konvensional.
Untuk konsumsi BBM nya sendiri Velar tidaklah irit tapi juga tidak terlalu boros, untuk rute dalam kota mencatat 7,3 km/liter sedangkan rute di jalan Tol ia mencatat 12,7/liter menggunakan BBM minimal oktan 95.
Menyandang nama Range Rover ia harus mempunyai kemampuan offroad yang hebat, dibanding dengan rival-rivalnya ia memiliki kemampuan di atasnya. Sistem penggeraknya bekerja sangat baik, traksinya mampu membaca keempat bagian roda sehingga bisa menyalurkan tenaga secara maksimal.
Beberapa dari anda mungkin bilang, ah...ini bukan mobil offroader sejati, terlalu banyak bantuan dari sistem elektroniknya sehingga menjadi kurang menantang.
Memang mobil ini di buat untuk tidak men-challenge/menantang pemiliknya, namun mobil ini di buat untuk membantu pengendaranya melewati medan offroad dengan lancar. Mobil ini berharga dikisaran harga:
Velar dibuat untuk tidak menyusahkan anda, bahkan setelah menempuh rintangan berat anda bisa memakainya senyaman limousine. Harus di akui Velar merupakan produk yang memukau, namun dibanding rivalnya seperti Jaguar F-Pase atau Porsche Macan...dia bukan yang terbaik dalam hal kedinamisan. Meski begitu dibanding rivalnya ia memiliki bentuk tercantik di luar, interior paling modern serta mempunyai kemampuan offroad terbaik.
Secara umum sangat Impres dengan mobil ini karena tampilannya, kecanggihannya dan fitur-fitur yang dimilikinya lebih mendekati Range Rover Vogue yang merupakan varian teratas dari Range Rover. Namun harganya lebih mendekati Range Rover Evoque, jadi Velar merupakan Range Rover yang memiliki Value For Money terbaik dan modern.
Jadi begitulah review Range Rover Velar kali ini, seperti biasa detail visual anda bisa main-main di channel Youtube autoreborn.(sf)
Body mobil ini menggunakan aluminum hingga 82%, basis aluminium monokok di ambil dari Jaguar F-Pase yang merupakan saudaranya akan tetapi produk akhirnya berbeda jauh dalam hal desain, walaupun bagian depan kental khas Range Rover namun desainer mobil ini membuatnya lebih detail dan dinamis contohnya seperti lampu depan menggunakan Matrix LED High Beam yang bisa memberi penerangan menyesuaikan nyala lampu kendaraan di depannya. Di luar negeri sudah ada yang menggunakan Matrix LED plus Auto High Beam Laser, namun itu tidak dimasukan ke Indonesia dan anda harus membelinya secara terpisah sebagai opsional. Aksen di kap mesin, spakbor dan bumper berwarna brown membuat tampilannya terlihat unik dan yang menarik memiliki tuas pintu rata dengan body, tidak terlihat menonjol keluar seperti mobil konsep yang sudah dilengkapi dengan keyless. Velg tersedia opsional dari mulai R18 - R21, lampu belakang juga sudah LED serta dilengkapi dengan kamera parkir plus wasser untuk membersikan kameranya.
Kabin depan Velar merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya, di rancang dengan desain minimalis, elegan serta simpel. Semua instrumen seperti Eco Data hingga Mode berkendara dapat di kontrol melalui dua buah layar satu teletak di dasboard dan satu lagi di bagian console tengah.
Secara total di dunia ada enam pilihan mesin untuk Velar, tiga mesin bensin dan tiga diesel. Namun di Indonesia hanya ada dua varian mesin, yang pertama 2000 cc Turbo 250 HP dengan Torsi 360 Nm sedangkan yang kedua 3000 cc Supercharger dengan tenaga 380 HP Torsi 450 Nm yang bisa di dapat sejak 3000 RPM. Tenaga di salurkan ke keempat roda melewati sistem canggih Terrain Response System dari Range Rover sehingga tenaga tidak di salurkan secara langsung di keempat rodanya namun di olah terlebih dahulu oleh sistem untuk menentukan traksi yang tepat di setiap rodanya dengan menggunakan transmisi otomatis 8 Speed.
Ada pertanyaan kenapa mobil ini terlihat ceper sekali?
Velar menggunakan Air Suspension yang kerendahan dan ketinggiannya bisa di atur otomatis secara elektronic oleh system, sebagai contoh ketika anda turun dari mobil otomatis ketinggian akan turun di level terendahnya sehingga memudahkan anda untuk akses keluar masuk. Dan ketika anda mau offroad suspensi bisa di setel naik hingga di ketinggian maksimalnya.
Ketika berjalan, hal pertama yang terasa adalah posisi berkendaranya, Velar tidak sama seperti Range Rover lain nya karena lebih terasa seperti mengendarai sedan, karena faktanya Velar mempunyai posisi duduk terendah sehingga membuatnya lebih ergonomis.
Ada banyak mode berkendara yang bisa di pilih, tiga untuk aspal dan tiga untuk offroad. Di setiap mode tersebut kekerasan dan ketinggian suspensi, karakter mesin ke transmisi dan karakter penguncian system A-WD nya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan itu bisa dilakukan dengan cepat. Di samping ada enam mode ada satu lagi mode Auto, itu bisa di pakai kalau anda tidak mau repot dan sistem akan membaca sendiri jalan yang sedang anda lalui dengan otomatis masuk ke mode yang paling tepat dari mobil ini.
Dari data Reslogic 0-100 km/jam tercatat 6,4 detik, sedangkan klaim dari Range Rover sendiri 5,7 detik, artinya ada selisih 0,7 detik lebih pelan, namun tetap angkah yang cepat untuk sebuah SUV yang juga Capable untuk offroad. Yang menyenangkan dari Supercharger mobil ini karena ia bukan Turbo, sehingga karakternya normal seperti Normally Aspirated. Jadi tenaga bisa di akses dari bawah hingga atas secara linier tanpa ada lonjakan tenaga di tengah seperti yang ada pada versi turbo konvensional.
Untuk konsumsi BBM nya sendiri Velar tidaklah irit tapi juga tidak terlalu boros, untuk rute dalam kota mencatat 7,3 km/liter sedangkan rute di jalan Tol ia mencatat 12,7/liter menggunakan BBM minimal oktan 95.
Menyandang nama Range Rover ia harus mempunyai kemampuan offroad yang hebat, dibanding dengan rival-rivalnya ia memiliki kemampuan di atasnya. Sistem penggeraknya bekerja sangat baik, traksinya mampu membaca keempat bagian roda sehingga bisa menyalurkan tenaga secara maksimal.
Beberapa dari anda mungkin bilang, ah...ini bukan mobil offroader sejati, terlalu banyak bantuan dari sistem elektroniknya sehingga menjadi kurang menantang.
Memang mobil ini di buat untuk tidak men-challenge/menantang pemiliknya, namun mobil ini di buat untuk membantu pengendaranya melewati medan offroad dengan lancar. Mobil ini berharga dikisaran harga:
- Rp. 2,3 Miliar off the road untuk type P380 3000 cc V6 Supercharger
- Rp. 2 Miliar off the road untuk 2000 cc 4 cylinder Turbo
Velar dibuat untuk tidak menyusahkan anda, bahkan setelah menempuh rintangan berat anda bisa memakainya senyaman limousine. Harus di akui Velar merupakan produk yang memukau, namun dibanding rivalnya seperti Jaguar F-Pase atau Porsche Macan...dia bukan yang terbaik dalam hal kedinamisan. Meski begitu dibanding rivalnya ia memiliki bentuk tercantik di luar, interior paling modern serta mempunyai kemampuan offroad terbaik.
Secara umum sangat Impres dengan mobil ini karena tampilannya, kecanggihannya dan fitur-fitur yang dimilikinya lebih mendekati Range Rover Vogue yang merupakan varian teratas dari Range Rover. Namun harganya lebih mendekati Range Rover Evoque, jadi Velar merupakan Range Rover yang memiliki Value For Money terbaik dan modern.
Jadi begitulah review Range Rover Velar kali ini, seperti biasa detail visual anda bisa main-main di channel Youtube autoreborn.(sf)
0 Response to "Range Rover Velar P380 V6 Supercharger"
Post a Comment