-->

New Honda Odyssey

New Honda Odyssey

Autoreborn-New Honda Odyssey generasi kelima ini keberadaannya di Indonesia sudah sejak 2014 yang lalu, dan di 2017 meluncurkan versi facelift. Kini di 2018 kembali merilis atau lebih tepatnya melakukan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Apa saja perubahan baru Odyssey 2018 ini, dan apakah mobil ini layak direkomendasikan untuk anda miliki?

Simak ulasannya di bawah.

Bagian bumper depan New Honda Odyssey ada perubahan sedikit dari versi sebelumnya, foglamp sudah menggunakan LED dengan model garis sejajar serta ada spoiler di bawah yang honda menyebutnya dengan Lower Garnis dengan aksen chrome. Lampu utama masih menggunakan Proyektor dan belum menggunakan LED yang beruas-ruas seperti yang ada pada Honda Jazz, Accord maupun HRV yang baru, sedangkan HLR LED di bawah lampu depan masih di pertahankan.

Perubahan bagian samping New Honda Odyssey ada pada Velg 17 inchi dengan desain palang jari-jari dibalut ban berukuran 215/55 R17, serta side kit yang honda menyebutnya dengan side lower garnish. Sedangkan bagian belakang ada sedikit ubahan dengan tambahan spoiler lower garnish dan yang mengembirakan sekarang sudah di lengkapi sensor parkir, karena sejak 2014 mobil ini memang sudah memiliki kamera canggih untuk melihat di sekeliling. Tapi tidak mempunyai sensor parkir yang sebenarnya harganya tidak terlalu mahal, di edisi 2018 ini honda sudah menyematkannya.

Bagian mesin masih tetap tidak ada perubahan 2400 cc 4 silinder, i-VTEC dengan tenaga 175 HP dan torsi 225 Nm yang menyalurkan di kedua roda depan dengan transmisi CVT. Baik mesin maupun transmisinya sudah menggunakan teknologi EART DREAMS yang artinya lebih efesien dan menyenangkan untuk dikendarai.

Dalam keadaan bangku belakang tegak semua, New Honda Odyssey masih memiliki ruang begasi yang memadai, memang tidak terlalu panjang spacenya karena ini MPV yang dimensi juga tidak terlalu panjang. Namun ada sayangnya, meski MPV ini berharga 700 Juta rupiah lebih, odyssey belum di lengkapi dengan begasi elektrik. Jok baris ketiga masih layak untuk mengakomodir penumpang dewasa dengan nyaman. Bagian kabin tengah yang sebelumnya merupakan mode Bisnis Class dengan ruang kaki yang lega serta Captain Seat yang nyaman,
dengan dibenamkannya jok belakang kini jok tengah bisa di rubah menjadi mode First Class dengan cara menggeser jok bagian kanan atau kiri mundur hingga kebelakang serta anda bisa Take Leaning kan dan selanjutnya keluarkan sandaran kakinya. Ini jauh lebih legah dari Mercy S Class maupun BMW seri 7, di tambah lagi anda bisa menikmati Entertainment System yang dilengkapi layar yang berada plafon tengah serta bisa di kontrol dengan remote, ini benar-benar First Class yang nyaman.

Honda mengklaim, New Honda Odyssey merupakan Best of Both Worlds. Nyaman ketika di tumpangi namun juga asyik dikendarai, itu memang ada benarnya klaim dari honda, karena posisi mengemudinya sangat ergonomis dengan penyetelan Tilt maupun Telescopic untuk stirnya. Serta kabinnya tidak akan membuat anda bosan , dilengkapi AC layar sentuh dan penataan Head Unit yang menyatu rata dengan dasboard terlihat mewah dan berkelas. Jok baik kanan maupun kiri menggunakan sistem elektrik, untuk sebelah kanan sudah dilengkapi dengan dua buah memori. Pada bagian kanan bawah stir terlihat ada panel instrumen untuk mengoperasikan Sliding Door pintu tengah, dan juga ada tombol Engine Start Stop karena mobil ini sudah menggunakan Keyless Smart Key. Secara umum kabin odyssey ini nyaman untuk dilihat dan nyaman ditumpangi serta posisi mengemudinya sangat ergonomis.

Mengemudikan New Honda Odyssey sangat menyenangkan, visibilatasnya luas serta posisi berkendaranya enak lantas karakter mesin dan transmisi juga natural. Keheningan kabinnya sendiri cukup baik dengan adanya peredam yang cukup banyak di kap mesin. Untuk pengendaliannya sendiri honda memiliki ciri khas, walaupun MPV besar namun memiliki sasis yang baik sehingga menghasilkan pengendalian yang presisi. Untuk ukuran MPV besar anda bisa bermanuver tanpa takut mobilnya tidak stabil atau terbalik, untuk karakter bantingan suspensinya sendiri odyssey memang paling bagus dari varian honda lainnya. Namun suspensi belum bisa menyaingi seperti Toyota Alphard atau Mercedes V Class yang mana memang keduanya mempunyai harga di atas 1 Miliar semua. Memang bukan yang terbaik, namun membawah MPV besar ini seperti mengendalikan layaknya sebuah sedan yang stabil rasanya.

Dengan trasmisi CVT penyaluran tenaga mobil ini halus, dan sudah di lengkapi Pedal Shift mode manual 7 speed. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 Km/jam dengan waktu 11,3 detik. Bukan sebuah figur yang impresif, namun cukup memadai karena ini di lengkapi dengan transmisi CVT. Jadi dari startnya agak lambat namun untuk putaran atas lumayan kuat. Komsumsi BBM sendiri untuk rute dalam kota odyssey hanya mencatat 1/8,3km, sedangkan untuk rute tol mencatat 1/13km.

Dibanding mobil honda lainnya di Indonesia, New Honda Odyssey memiliki kamera pemantau yang paling canggih, selain sensor parkir fitur sederhana pada odyssey, akhirnya. Dari awal odyssey memang sudah memiliki sistem kamera di sekeliling bagian body, dari depan, samping, spion yang bisa menciptakan image 360° yang akan memudahkan ketika melakukan parkir. Bahkan tidak hanya parkir, ketika berada pada kecepatan di bawah 25 km/jam anda bisa mengaktifkam sistem kamera samping (misal) maka akan menampilkan image sisi kedua roda sehingga anda bisa bermanuver dengan presisi ketika berada di jalan yang sempit. Serta juga di lengkapi BIS Blind Spot Assist yang akan memberi tahu kalau ada mobil dibelakang pada saat akan berpindah jalur. Namun yang istimewah honda membekali odyssey dengan Smart Parking Assist System, dengan fitur ini pengemudi hanya cukup memilih posisi parkir dan mengoperasikan gas, rem, transmisi selanjutnya kemudi stir sepenuhnya di kendalikan oleh sistem komputer di mobil. Kelemahan utama odyssey teletak di bagian pintu yang jaraknya terlalu rendah dengan tanah.

Sekarang merupakan pertanyaan yang terpenting, masih layak kah mobil ini dibeli? Mengingat usia generasinya sudah empat tahun.

New Honda Odyssey generasi kelima ini usia teknologinya sudah berusia empat tahun, Sekarang banyak juga saingan nya seperti dari jepang, eropa, maupun korea yang memiliki space lebih besar di dalam atau bantingan suspensi yang lebih baik, kemewahan yang lebih premium atau fitur yang lebih baik. Tapi dalam hal keasyikan berkendara, posisi mengemudinya, kenikmatan di bangku tengahnya sangat sulit mencari saingan mobil ini. Anda mau nyetir sendiri asyik, anda mau menggunakan pengemudi mobil ini juga luar biasa di kabin tengah. Jadi kami masih sangat merekomendasikan untuk mempertimbangkan mobil ini untuk dimiliki. Untuk visual bisa di lihat di channel YouTube autoreborn.(sf)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel